Halo teman-teman,
kali ini kita akan share nih review mengenai “Animasi Tradisional”. Mulai dari apa yang disebut dengan animasi
tradisional, sampai ke macam-macam animasi tradisional (film dan non film).
Disini juga kita sertakan gambar berserta videonya jadi teman-teman dapat lebih
paham tentang animasi tradisional. Yaudah, daripada teman-teman penasaran
langsung saja ini dia reviewnya. Selamat membaca.. . :D
Apa itu Animasi Tradisional ?
Animasi Tradisional adalah tehnik
animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Animasi tradisional juga
dikenali sebagai animasi cel atau animasi yang dihasilkan dengan tangan iaitu
setiap proses melibatkan tangan.Animasi tradisional merupakan proses yang
digunakan untuk filem-filem animasi yang paling lama iaitu pada abad
ke-20.Bingkai individu filem animasi tradisional adalah gambar-gambar lukisan,
yang mula-mula dilukis di atas kertas. Untuk mencipta ilusi pergerakan,
setiap lukisan berbeza sedikit daripada yang sebelumnya. Lukisan yang
animator dikesan atau salinan ke helaian telus yang dipanggil cels, yang
dipenuhi dengan cat dengan warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah yang
bertentangan dengan lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar
satu demi satu ke filem filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Proses animasi cel tradisional
menjadi usang pada awal abad ke-21. Hari ini, lukisan animasi dan latar
belakang sama ada diimbas ke dalam atau dikeluarkan terus ke dalam sistem
komputer. Pelbagai program perisian yang digunakan untuk warna lukisan dan
simulasi pergerakan kamera dan kesan. Sekeping akhir animasi keluaran
kepada salah satu daripada beberapa media penyampaian, termasuk filem mm
tradisional 35 dan media seperti video digital yang
baru. "Melihat" animasi cel tradisional masih dikekalkan, dan
kerja-kerja animator watak 'kekal pada dasarnya sama sejak 70 tahun yang
lalu. Sesetengah pengeluar animasi telah menggunakan istilah
"tradigital" untuk menggambarkan animasi cel yang menggunakan
teknologi komputer yang banyak.
Mengapa
disebut Animasi Tradisional?
Disebut dengan animasi tradisional
karena animasi ini memiliki teknik yang digunakan saat pertama kali film
animasi itu bermunculan. Untuk menciptakan ilusi gerakan, setiap gambar harus
sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Caranya dengan menjiplak gambar yang
dibuat animator di kertas transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya
diisi dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga warna shading yang beda.
Nanti gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di foto satu per satu dalam
filem yang latar belakangnya sudah di cat.
Contoh Animasi Tradisional
Contoh Animasi Tradisional adalah film
Pinocchio (Amerika Serikat, pada tahun1940), Animal Farm (United Kingdom,
1954), dan Akira (Jepun, 1988). Film-film animasi tradisional yang
dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer termasuk didalamnya animasi The
Lion King (US, 1994) Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) (Jepun,
2001), dan Les Triplettes de Belleville (2003). Film animasi sepenuhnya boleh
dilakukan dalam berbagai gaya, dari kerja-kerja animasi yang lebih realistik
seperti yang dihasilkan oleh studio Walt Disney (Beauty dan Beast, Aladdin,
Lion King) kepada gaya yang lebih 'cartoony' orang-orang yang dihasilkan oleh
Warner Bros animasi studio.
Jenis- jenis Animasi
Tradisional
a. Animasi
Tradisional Film
b. Animasi
Tradisional Non Film
a.
Animasi Tradisional Film
Contoh Animasi Tradisional Film adalah Cell Animation.
Pengertian Cell Animation
Animasi
cel atau Cell Animation berasal dari kata “celluloid”, yang merupakan bahan dasar dalam pembuatan animasi jenis ini
ketika tahun-tahun awal adanya animasi. Disebut cell animation karena dalam
pembuatannya menggunakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal,
masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi,
Digambar pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation) yang sekarang
digantikan oleh layer-layer digital.
Animasi
cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing
cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga
buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi
animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi
cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara
bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Misalnya seorang animator akan
membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar
belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, kemudian
membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat, dan akhirnya
karakter ketika kaki dilangkahkan.
Contoh
animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan
Detectif Conan. teknik pembuatannya dilakukan pada celluloid transparent yang
didasarkan pada kemampuan gambar tangan untuk menciptakan obyek-obyek yang
hendak dianimasikan. Cara kerjanya yakni sel animasi merupakan sel yang
terpisah dari frame animasi tunggal. Sel animasi aktif terpisah dari lembaran
latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing objek yang bergerak secara
mandiri di atas latar belakang.
Animasi
cell ini diciptakan oleh Earl Hurd dan John Bray pada tahun 1914. Animasi Sel
awalnya dibuat untuk meampermudah pembuatan animasi, karena sebelum animasi sel
ada, setiap pembuatan film animasi harus melewati pembuatan bingkai,
background, dan karakter yang harus dibuat secara berulang-ulang. Setelah satu tahun,proses pembuatan animasi
menggunakan animasi sel mulai digunakan di industri pembuatan animasi,
contohnya adalah Walt Disney yang membuat film Snow White And Seven Dwarfs yang
merupakan film panjang pertama yang menggunakan animasi sel.
Pengertian Layer
Layer
merupakan kumpulan atau lapisan yang berfungsi sebagai penempatan suatu objek,
atau bisa juga di sebut sebagai kanvas untuk sebuah objek. Layer sangat
membantu untuk pengeditan objek tertentu, dengan adanya layer kita akan lebih
mudah mengedit suatu objek tanpa menggangu objek lainya, hal ini jika kita
membuat objek lebih dari satu. Anda dapat mengatur komposisi layers dengan cara
mengubah atribut dan urutan layers. Sebagai tambahan, corak khusus seperti
adjustment layers, fill layers, dan layers style dapat diterapkan untuk
memberikan efek khusus pada layers.
Sejarah Cell Animation
Stuart
Blackton, Anglo-Amerika, produser film yang lahir tahun 1800-an, animasi
potongan sel pertama disebut "Humorous Phases of Funny Faces".
Sebagian besar dari film ini menggunakan life action effects (stop motion),
tetapi itu dulunya merupakan acuan untuk perkembangan film animasi di Amerika.
Pada tahun 1907, Blackton mengarahkan film lain yang memotivasi Eropa untuk
lebih teliti dalam mengeksplorasi cell animation.
Perkembangan Cell Animation
Didalam cell
animation, setiap frame merupakan hand-drawn, dan membuat proses pembuatannya
semakin panjang dan rumit. Namun, banyak seniman dan kritikus berpendapat bahwa
cell aniation lebih personal, dalam arti lain lebih memliki sifat hidup karena
penciptaan yang kompleks. Selain itu, dari segi tampilan cell animation sangat
berbeda dari aniamasi komputer. Saat ini pun, beberapa orang lebih memilih cell
animasi untuk proses pembuatannya di banding menggunakan animasi komputer dalam
beberapa alasan.
Teknik Dan Cara Kerja Cell Animation
Pada
umumnya, karakter yang di gambar pada cell lalu diletakkan di atas background
yang statis/diam. Hal ini dapat mengurangi jumlah gambar yang harus digambar
ulang dan dapat membagi pekerjaan disetiap produksinya. Teknik ini juga dapat
mengurangi jumlah biaya produksi.
Teknik ini
ditemukan oleh Earl Hurd, dan dipatenkan pada tahun 1914. Dulunya mereka
menggambar garis sketsa di sisi depan cel sedangkan mewarnainya di sisi blakang
cel, namun sejak tahun 1960an proses ini diganti dengan teknik xerografi atau
teknik fotocopy. Ini merupakan teknik penting lain yang dikembangkan oleh
Caster Carlson di Animation Photo Transfer Process, Pertama kali ditunjukan di
The Black Cauldron pada tahun 1985.
Tidak setiap
detail dari film animasi sel baru ditarik ke setiap frame. Jika ini begitu,
film animasi sel akan mengambil lebih lama untuk menghasilkan. Itu umum bagi
animator untuk membuat piring latar belakang. Sebuah piring latar belakang latar
belakang digambar tangan yang digunakan kembali untuk beberapa adegan. Animator
sering digunakan kembali gambar, khususnya gambar karakter berjalan, karena
akan sangat tidak efisien untuk redraw sesuatu yang begitu berulang-ulang.
Susunan Cell Animation
Cell
animation sendiri merupakan susunan dari layer, dan layer sendiri dapat
diumpamakan sebagai lembaran kertas transparan dimana pada kertas tersebut
dapat digambar, ditulis atau sebagai tempat konten-konten dari pekerjaan kita. gambar
atau konten tersebut dapat dihapus tanpa mempengaruhi layer/lapisan lainya,
baik yang di atasnya maupun dibawahnya.
Salah satu
fungsi dari layer/lapisan adalah memudahkan proses dari sebuah gambar pada saat
mengedit/memodiifkasi gambar kita. Contohnya saat kita ini menggambar di
layer 1 dan itu salah sedangkan kita sudah membuat beberapa layer lain, baik
background ataupun objek lainya, kita tinggal menseleksi gambar yang salah
tersebut pada layer yang menampung gambar yang salah tadi dan memperbaikinya
tanpa mengubah susunan layer yang sudah ada.
Penggunaan Cell Animation
Jika saat
menonton kartun dan mengetahui mana objek yang bergerak dan warna berbeda
dengan backgroundnya. Misalnya sebuah benda berada di foreground layer bersama
dengan objek lainnya, dan saat benda 1 itu bergerak sebelum benda 2 tersebut
bergerak ke adegan yg lain. Jika demikian berarti terjadi adanya background
plate.
Scooby Doo
dan Tom &Tom And Jerry merukapan salah satu dari beberapa kartun yang menggunakan
cell animation pada pengerjaannya dan background plate sebagai alat bantu
produksinya. Sekarang Cell animation digunakan sebagian dalam periklanan, web
desain, game dan kartun itu sendiri.
b. Animasi Tradisional Non Film
1.
Zoetrope (180 AD; 1834)
Zoetrope adalah perangkat yang menciptakan citra
gambar bergerak. Awal Zoetrope dasar diciptakan di China sekitar 180 Masehi
oleh penemu Ting Huan produktif (丁 缓). Terbuat dari kertas tembus atau panel mika, Huan tergantung perangkat di
atas lampu. Udara berubah naik baling-baling di bagian atas dari yang
tergantung gambar dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat
berputar pada kecepatan yang tepat.
Para zoetrope modern diproduksi pada tahun 1834 oleh
William George Horner. Perangkat dasarnya adalah sebuah silinder dengan celah
vertikal di sekitar sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari silinder ada
serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan celah. Sebagai silinder diputar,
pengguna kemudian terlihat melalui celah untuk melihat ilusi gerak. Zoetrope
ini masih digunakan dalam program animasi untuk menggambarkan konsep awal
animasi.
Ini video dari Zoetrope teman-teman, silahkan dilihat :
2.
Magic Lantern atau Lentera ajaib
Magic Lantern adalah pendahulu dari proyektor modern.
Ini terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan
dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada permukaan yang
datar. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari Cina pada abad
ke-16. Beberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian yang bisa digerakkan
secara mekanis untuk menyajikan gerakan terbatas di layar.
Ini video dari Magic Lantern teman-teman, silahkan dilihat :
3.
Thaumatrope (1824)
Thaumatrope Sebuah mainan sederhana yang digunakan
di era Victoria. Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua
gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang
string berjalan melalui pusat. Ketika string diputar-mutar cepat antara jari,
dua gambar muncul dan bergabung menjadi satu gambar. Thaumatrope ini
menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus merasakan gambar. Penemunya
adalah Charles Babbage, Peter Roget, atau John Ayrton Paris, tetapi Paris
diketahui telah digunakan untuk menggambarkan satu fenomena Phi pada 1824 ke
Royal College of Physicians.
Ini video dari Thaumatrope teman-teman, silahkan dilihat :
4.
Phenakistoscope (1831)
Sebuah disk phenakistoscope oleh Eadweard Muybridge
(1893). Phenakistoscope adalah perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope
tersebut. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan dengan Belgia dan Joseph
Plateau Simon von Stampfer Austria.
5.
Praxinoscope (1877)
Para praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis
Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut.
Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian
dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam
serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga
animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas
yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari
praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique
Théâtre.
Ini video dari Praxinoscope teman-teman, silahkan dilihat :
6.
Flip Book (Kineograph (September 1868)
FlipBook mungking jarang terdengar di telinga.
FlipBook buku adalah sebuah buku dengan serangkaian gambar-gambar yang bervariasi secara bertahap dari satu halaman ke halaman berikutnya,
sehingga ketika halaman yang berubah
cepat, gambar-gambar muncul untuk menghidupkan dengan mensimulasikan
gerakan atau beberapa perubahan lainnya. Buku sandal
sering digambarkan buku untuk anak-anak, tetapi juga dapat diarahkan untuk orang
dewasa dan menggunakan
serangkaian foto-foto bukan
gambar.
FlipBook tidak selalu buku yang terpisah, tetapi
dapat muncul sebagai fitur tambahan
dalam buku-buku biasa atau majalah, sering di
sudut-sudut halaman. Software
paket dan situs juga tersedia
yang mengkonversi file video digital
ke dalam custom-made FlipBook.
Ini video dari Flip Book teman-teman, silahkan dilihat :
Sekian review tentang Animasi Tradisionalnya, semoga
bermanfaat yaa buat teman-teman semua. Terima kasih sudah membaca dan sampai
bertemu di review selanjutnya. :D
Referensi
:
Yanuar
Wahujati Pamungkas, (2014), Animasi
Tradisional, http://otonginasher.blogspot.com/2014/06/animasi-tradisional.html,
diakses pada 13 juni 2014
Animasiku,
(2013), Cell Animation Dan Animasi
Komputer, http://animasianimasi556.blogspot.com/2013/03/cell-animation-animasi-komputer.html,
diakses pada 13 juni 2014
Kelompok
Dasar Animasi, (2013), Cell Animation, http://bloggerseger69.blogspot.com/2013/03/cell-animation.html,
diakses pada 13 juni 2014
You Tube , (2012-2013), Zoetrope, Magic Lantern Kit, Thaumatropes - YouTube, Phenakistoscope.wmv - YouTube, My Praxinoscope - YouTube, Flipbook Animation- Sonic the Hedgehog 3 - YouTube, http://www.youtube.com, diakses
pada 13 juni 2014
Lis Fortune, (2012), FlipBook-Animasi, http://forum-gba.blogspot.com/2012/08/flipbook-animasi.html,
diakses
pada 13 juni 2014
Tidak ada komentar :
Posting Komentar